Layanan Pengelolaan Jurnal

Layanan Pengelolaan Jurnal di Lingkungan UNAIR

Sesuai SK Rektor UNAIR Nomor 868/UN3/2020 tentang “Pembentukan Lembaga Inovasi, Pengelolaan Jurnal, Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI)” maka lembaga kami yang semula “Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi Ilmiah (PPJPI)” sekarang dibawah naungan LIPJPHKI sejak tanggal 19 Oktober 2020.

Sebagai upaya peningkatan kualitas jurnal elektronik di Universitas Airlangga, LIPJPHKI memberikan layanan terkait pengelolaan jurnal di lingkungan Universitas Airlangga. Berikut layanan pengelolaan jurnal:

  1. Tata Cara Registrasi khusus untuk Jurnal Baru (Tidak menggunakan Aplikasi Layanan Jurnal)
 
  1. Tata Cara Permohonan Verifikasi Anggaran Pengelolaan Jurnal (menggunakan aplikasi layanan jurnal)

    • Mulai tanggal 24 Maret 2021, Nomor Surat: 246/UN3.46/PJ/2021perihal: Pemberitahuan Aplikasi Layanan Jurnal, maka dengan ini semua pengajuan layanan jurnal wajib menggunakan Aplikasi Layanan Jurnal pada link: https://e-ipki.ppjpi.unair.ac.id/index.php?r=site/login
    • Permohonan Anggaran Pengelolaan jurnal mulai Tahun 2021 diajukan per Terbitan, dan anggaran berpatokan pada Standar Biaya Maksimum (SBM) yang ditentukan oleh Universitas Airlangga. Besaran Anggaran jurnal per Tahun ditentukan oleh Fakultas/Lembaga/Unit kerja masing-masing.
    • Permohonan Anggaran pengelolaan jurnal bisa diajukan setelah jurnal publish dan Digital Object of Indentifitier (DOI) telah aktif.
    • Perlu diketahui yang berhak menggunakan akun dan mengajukan permohonan adalah Editor in Chief (EIC) dari masing-masing jurnal
    • Apabila Editor in Chief (EIC) mengalami perubahan nama, maka jurnal wajib mengirimkan surat pergantian EIC dengan mencantumkan EIC yang baru. Surat dapat dikirimkan melalui e-office atau email: adm@ppjpi.unair.ac.id
    • Panduan tata cara penggunakan Aplikasi Layanan Jurnal dapat diunduh pada: https://lipjphki.unair.ac.id/assets/docs/Pengenalan%20Aplikasi%20Layanan%20Jurnal.pdf
 
  1. Tata Cara Permohonan Verifikasi Anggaran Insentif Jurnal (menggunakan aplikasi layanan jurnal)

    • Mulai tanggal 24 Maret 2021, Nomor Surat: 246/UN3.46/PJ/2021perihal: Pemberitahuan Aplikasi Layanan Jurnal, maka dengan ini semua pengajuan layanan jurnal wajib menggunakan Aplikasi Layanan Jurnal pada link: https://e-ipki.ppjpi.unair.ac.id/index.php?r=site/login
    • Permohonan Anggaran Insentif jurnal mulai Tahun 2021 diajukan setelah jurnal mencapai target (melebihi status jurnal saat ini) ditahun berjalan, dan anggaran berpatokan pada Standar Biaya Maksimum (SBM) yang ditentukan oleh Universitas Airlangga. Besaran Anggaran insentif jurnal ditentukan oleh Fakultas/Lembaga/Unit kerja masing-masing.
    • Perlu diketahui yang berhak menggunakan akun dan mengajukan permohonan adalah Editor in Chief (EIC) dari masing-masing jurnal
    • Apabila Editor in Chief EIC) mengalami perubahan nama, maka jurnal wajib mengirimkan surat pergantian EIC dengan mencantumkan EIC yang baru. Surat dapat dikirimkan melalui e-office atau email: adm@ppjpi.unair.ac.id
    • Panduan tata cara penggunakan Aplikasi Layanan Jurnal dapat diunduh pada: https://lipjphki.unair.ac.id/assets/docs/Pengenalan%20Aplikasi%20Layanan%20Jurnal.pdf
 
  1. Tata cara Permohonan Aktivasi DOI (menggunakan aplikasi layanan jurnal)
 
  1. Tata cara Permohonan Pendampingan Jurnal (menggunakan aplikasi layanan jurnal)
 

Informasi lebih lanjut:

Email: adm@ppjpi.unair.ac.id / CP: Diyah – 081332186394 (whatsapp only)